LATAR BELAKANG
Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan ini meliputi
tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan dasar, dan tujuan yang disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah,
serta satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu, kurikulum yang
disusun oleh satuan pendidikan, memungkinkan penyesuaian program pendidikan
dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam,
mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan
pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi,
proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidi dan tenaga kependidikan, sarana dan
prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Tiga standar dari delapan
standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar
Penilaian Pendidikan, dan Standar Proses merupakan acuan utama bagi satuan
pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Acuan tersebut merupakan mutlak
dilaksanakan pada semua Satuan Pendidikan, khususnya pada satuan
pendidikan di SMP Negeri 2 Barombong
kabupaten Gowa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar